top of page
Search
  • Writer's picturePiko Prasetyo

GPIO pada ARM STM32 F4 Discovery

Updated: Feb 26, 2020

Bagi kalian yang telah lama memiliki hobi elektronik pasti sudah tidak asing dengan microcontroller. Sebuah microcontroller yang sering digunakan oleh baik penghobi atau profesional sering sekali memiliki sebuah GPIO. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan GPIO itu? apakah fungsi dari GPIO itu? mengapa harus ada GPIO pada sebuah microcontroller yang easy to use? untuk memahami GPIO simaklah lebih lanjut.

GPIO sendiri merupakan kependekan dari General Purpose Input Output. GPIO adalah pin sinyal digital yang tidak terikat pada fungsi tertentu. Hal ini merupakan keuntungan dimana fungsinya dan sifat output atau inputnya dapat ditentukan sendiri oleh user pada waktu digunakan.

F4 Discovery

GPIO pada F4 Discovery secara umum dapat digunakan untuk :

  1. Dapat diset menjadi input atau output.

  2. Dapat diaktifkan ataupun dinonaktifkan.

  3. Dapat digunakan untuk membaca input.

  4. Dapat digunakan untuk menulis output.

  5. Input dapat digunakan untuk interrupt request (IRQs).

Pada kesempatan kali ini mari kita belajar bagaimana cara membuat GPIO menjadi input atau output dengan fungsi tertentu.

syntax membaca input pin D10.
syntax menulis output pin B15.

sebelum melangkah lebih jauh, untuk microcontroller jenis ARM STM32 F4 discovery mendeklarasikan suatu pin agar menjadi input atau output memang cukup rumit maka untuk mempermudah pembelajaran ini maka digunakan STM32 Cube IDE. Mari ikuti langkah - langkah berikut agar anda dapat memahami cara menggunakan Integrated Development Environment ini.

  • Tekan File >> New >> STM32 Project.

  • Setelah itu akan muncul pop up target selection. Pilih Board Selector dan carilah STM32F4DISCOVERY dengan mounted device STM32F407VGTx. lanjutkan dengan tekan next dan finish.

  • Selanjutnya akan muncul file dengan ekstensi .ioc yang akan digunakan untuk menentukan pin mana yang akan digunakan, selain itu anda juga dapat mengatur timer, ADC, I2C, dsb disini.

  • Atur beberapa pin menjadi input atau output dengan cara menekan pin lalu menggantinya maenjadi input atau output.

  • membuat program berikut di src/main.c, program ini akan menayalakan led yang dipasang pada pin B15 dengan cara menekan pushbutton yang telah disambung pada pin D10, sedangkan cara untuk mematikannya adalah dengan menekan pin D9.

Berikut gambar pada saat kondisi LED pin B15 menyala.

Berikut gambar pada saat kondisi LED pin B15 mati.

Sekian semoga ilmu kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

123 views1 comment

Recent Posts

See All
bottom of page